Teknologi

Taksi Tanpa Awak di Singapore Jalani Masa Percobaan, Jalin Kerjasama dengan Grab

Herman.Is,SKom | Selasa, 04 Oktober 2016 - 12:39:35 WIB | dibaca: 87 pembaca

Beberapa waktu dikabarkan bahwa Singapura bakal menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjalankan taksi tanpa awak dari NuTonomy. Dengan berbagai persiapan yang telah matang, akhirnya perusahaan tersebut siap melakukan uji coba taksi tanpa awak tersebut. Seperti yang dilansir dari Reuters, Jumat (23/9/2016), disebutkan dalam rangka memperlancar pengujian taksi tanpa awak tersebut, NuTonomy menggandeng Grab sebagai mitra bisnis mereka. Sehingga nantinya bagi siapa saja yang ingin mencicipi taksi robot ini, dapat langsung memesannya melalui aplikasi Grab pada layar smartphone.

Nantinya pada aplikasi Grab terdapat sebuah icon baru yang bernama “Robo-car”. Nah bagi penumpang yang ingin mencicipi sensasi berkendara dengan taksi tanpa awak bisa langsung mencobanya. Memesan taksi tanpa awak semakin mudah dengan menggunakan aplikasi Grab (Kredit: Reuters) Grab sendiri mengatakan bahwa menurut data mereka, pelanggan di Singapura rata-rata menggunakan jasa Grab ke atau dari tujuan yang terpencil.

Sehingga dengan adanya “Robo-car” NuTonomy ini dapat memenuhi permintaan para pelanggan. Pada pengujian saat ini Grab berfokus pada distrik One-North, yang merupakan lahan bisnis di Singapura. Tidak sepenuhnya tanpa awak, nantinya bila pelanggan bakal ditemani dengan dua orang Grab yang bakal berjaga-jaga. Selain itu bila tujuan atau pesanan “Robo-car” diluar wilayah tersebut bakal dikemudikan secara manual oleh pengemudi Grab.

Selama masa percobaan ini pelanggan tidak akan dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Masa percobaan NuTonomy kurang lebih selama dua bulan kedepan. Pihak Grab juga mengatakan menunggu tanggapan dari pelanggan yang telah menggunakan “Robo-car”.

Bila mendapat tanggapan positif, bisa saja tahap percobaan diperpanjang. Untuk armadanya pada tahap pengujian ini terdapat 6 mobil, yang diantaranya adalah mobil listrik Renault Zoes yang telah dimodifikasi dan Mitsubishi i-MiEV.


Sumber : https://www.beritateknologi.com/taksi-tanpa-awak-di-singapore-jalani-masa-percobaan-jalin-kerjasama-dengan-grab/