Internasional

Gara-Gara Drone, Bandara Internasional Dubai Sempat Ditutup

Herman.Is,SKom | Selasa, 04 Oktober 2016 - 12:29:28 WIB | dibaca: 77 pembaca

Para pemilik drone harus berhati-hati dalam mengoperasikan drone miliknya. Jangan sampai drone tersebut bisa merugikan kepentingan orang banyak, seperti yang terjadi di Bandara Dubai. Bagaimana tidak, hanya gara-gara drone yang melintas di bandara, pengoperasian salah satu bandara tersibuk dunia ini sempat berhenti selama setengah jam.

Parahnya lagi, insiden penghentian pengoperasian bandara akibat drone di Dubai ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, sempat pula muncul tiga kejadian serupa di tempat yang sama. Kejadian yang terakhir ini berlangsung pada Rabu (28/9) sekitar pukul 08.08 waktu setempat. Bandara pun baru kembali beroperasi secara normal pada pukul 08.35.

Pihak pengelola Bandara Internasional Dubai ini mengabarkan penghentian pengoperasiannya itu melalui akun Twitter miliknya. Dalam pernyataannya itu, mereka mengungkapkan kalau penghentian itu dilakukan karena ada drone yang terbang di kawasan bandara. Penghentian itu terpaksa dilakukan demi keselamatan para penumpang.

Di waktu yang bersamaan, pengelola Bandara Dubai juga mengingatkan kepada para pemilik drone untuk tidak menerbangkan pesawat tanpa awaknya di sekitar bandara. Mereka mengingatkan kalau aktivitas penerbangan drone tidak diperbolehkan pada perimeter 5 kilometer di sekitar bandara. Kalau ketahuan, pemilik drone bakal memperoleh denda yang tidak sedikit dari lembaga yang berwenang di Uni Emirat Arab. Bandara Dubai dikenal sebagai salah satu bandara paling sibuk di dunia. Di bandara ini terdapat 100 maskapai yang beroperasi dengan tujuan mencapai 260 di berbagai negara. Dan pada tahun lalu, bandara ini tercatat melayani sebanyak 78 juta penumpang


Sumber : https://www.beritateknologi.com/gara-gara-drone-bandara-internasional-dubai-sempat-ditutup/