Teknologi

Mengenal SONAR dan fungsinya

Herman.Is,SKom | Jumat, 30 September 2016 - 10:18:57 WIB | dibaca: 1303 pembaca

SONAR merupakan singkatan dari SOund Navigation And Ranging, istilah ini digunakan oleh Amerika Serikat. Orang Inggris mengenal SONAR dengan istilah ASDIC (Anti-Submarine Detection Investigation Committee). Teknologi ini sebenarnya sudah diselidiki oleh Leonardo da Vinci pada tahun 1490, tetapi baru benar-benar berkembang sejak Perang Dunia I.

SONAR sendiri sebenarnya adalah teknik menggunakan gelombang bunyi (bisa infrasonic maupun ultrasonic) untuk mendeteksi benda/objek di dbawah permukaan air. Teknik ini sangat bermanfaat di bidang Militer dan Ocenografi (Ilmu kelautan).

Apa sih funsi SONAR:
1. Dibidang industri, digunakan untuk mendeteksi retak pada struktur logam. Gelombang ultrasonik diarahkan pada logam, dari gelombang pantulnya, dapat dianalisis dimanakah terjadi keretakan pada logam tersebut. Hal ini bisa digunakan untuk mendeteksi keretakan tersembunyi pada rel kereta dan badan pesawat terbang, maupun badan kapal laut.

2. Mencuci benda dengan ultrasonik, beberapa benda seperti berlian dan bagian-bagian mesin sangat sukar dibersikan dengan deterjen biasa. Benda-benda ini hanya bisa dibersihkan dengan ultrasonik. Mula-mula objek yang dibersihkan dicelupkan dalam suatu cairan, kemudian gelombang ultrasonik diarahkan pada cairan tersebut, sehingga cairan tersebut bergetar sangat kuat dan merontokkan kotoram yang menempel pada objek, tanpa harus menggosok kotoran tersebut.

3. Dengan menggunakan SONAR, para ahli dapat mengukur kedalaman laut maupun mendeteksi bekeradaan benda/kapal selam atau kawanan ikan pada suatu kawasan di dalam laut. Caranya dengan memancarkan gelombang bunyi dengan frekuensi tertentu lalu menunggu gelombang pantulnya atau echo (gema). Berdasarkan kalkulasi fisika antara jeda bunyi di kirim dan diterima oleh receiver akan didapatkan jarak atau kedalamannya. (***)